Profil PPID

Tentang PPID

PPID adalah kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, dimana PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik.

ORGANISASI PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI PEMERINTAH KOTA BAUBAU
  • KEPALA BADAN PUBLIK Kota Baubau
  • ATASAN PPID Sekretaris Daerah Kota Baubau
  • PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau
  • PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) PEMBANTU Pejabat struktural
  • pengelola informasi dan atau dokumentasi pada masing-masing OPD


TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas PPID yaitu merencanakan dan mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi di badan publik.

Fungsi PPID yaitu:
  1. Penghimpunan, penataan dan penyimpanan informasi publik dari seluruh unit kerja di badan publik;
  2. Penyeleksian dan uji konsekuensi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang terbuka untuk publik; dan
  3. Penyelesaian sengketa pelayanan informasi.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

AJUKAN PERMOHONAN